BREAKING NEWS

Responsibility

Anggota Gandawesi harus menjaga nama baik organisasi dalam setiap kegiatannya (dok. Gandawesi)
Responsibility adalah bahasa Inggris yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai tanggung jawab. Responsibility jika diurai adalah “response – ability”.

Dalam bahasa Indonesia Response artinya adalah : jawaban, balasan ; tanggapan, reaksi.

Sedangkan ability artinya adalah : kecakapan, bakat, kemampuan ; ketangkasan, kesanggupan.

Dari uraian tersebut saya mengartikan responsibility sebagai kecakapan, bakat, kemampuan, ketangkasan dan kesanggupan individu / kelompok / benda dalam mengolah atau menyikapi sesuatu yang berasal dari faktor internal maupun eksternal yang ada guna membuahkan hasil maksimal yang positif.

Dalam situasi dan kondisi lingkungan / masyarakat yang “sehat” response–ability mempunyai kualitas dan kuantitas yang seimbang, proporsional, tepat dan harmonis, dan (atau) response–ability yang seimbang, proporsional, tepat dan harmonis kualitas dan kuantitasnya akan menghasilkan situasi dan kondisi lingkungan / masyarakat yang “sehat” atau ideal.

Sebaliknya dalam situasi dan kondisi lingkungan / masyarakat yang tidak sehat (chaos) response–ability mempunyai kualitas dan kuantitas yang tidak seimbang dan kurang tepat, dan (atau) response–ability yang tidak seimbang dan kurang tepat akan menghasilkan situasi dan kondisi lingkungan / masyarakat yang tidak sehat (chaos).

Setiap perjalanan yang sudah direncanakan harus bisa dipertanggungjawabkan secara keilmuan, sosial, dan lingkungan. Anggota Gandawesi memiliki kewajiban untuk selalu menjaga nama baik organisasi dalam setiap kegiatannya.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 gandawesi.or.id. Designed by OddThemes