BREAKING NEWS

Selamat Kepada Team Bumi Siliwangi

Ada yang menggembirakan diawal semester ini buat civitas akademika Universitas Pendidikan Indonesia, khususnya FPTK adalah juara balap mobil hemat energi di Inggris yang diraih oleh Team Bumi Siliwangi. Sebagai bagian dari FPTK tentu saja hal ini sangat membanggakan. Semoga menjadi awal yang baik dan inspirasi untuk mahasiswa lain di lingkungan FPTK untuk terus berkarya dan berprestasi mengharumkan nama besar bangsa Indonesia di dunia. 
Berikut ini adalah berita kemenangan yang diambil dari www.bbc.com, selengkapnya bisa dibaca di sini
Mahasiswa Indonesia Juara Balap Mobil Hemat Energi
Tim mahasiswa Indonesia dari Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung menjadi juara dunia dalam lomba balap mobil hemat energi buatan mahasiswa yang pertama kali diselenggarakan di London, Shell Eco Marathon Drivers World Championship.
Tim mahasiswa yang menamakan diri Bumi Siliwangi mulai dari posisi kedua di belakang tim Prancis dari delapan tim yang turun dalam final lomba balap mobil Urban Concept atau konsep perkotaan dengan tiga jenis bahan bakar, bensin, disel dan listrik, di Olympic Park, London, Minggu (03/07).

Manajer Shell Eco Marathon, Danny Van Otterdyk, memuji kalkulasi tim Bumi Siliwangi yang membawa mereka menjadi juara dengan mobil listrik.
"Cara mereka menghitung energi sangat baik dan mereka pantas menang. Saya senang mereka bisa menang dalam acara perdana lomba balap mobil buatan mahasiswa ini," kata Van Otterdyk kepada wartawan BBC Indonesia, Endang Nurdin.
Saat lomba dimulai, mobil listrik Bumi Siliwangi, sempat turun di tempat keempat namun menyalip ke tempat teratas dalam tiga putaran lomba sejauh masing-masing sekitar 2,25 kilometer, dengan elevasi naik turun antara tiga sampai 12 meter.
Posisi kedua dalam lomba balap pertama ini diduduki tim dari Prancis ISEN Toulon yang juga menggunakan baterai listrik seperti UPI Bandung, dan yang ketiga tim Mater Dei Supermileage, dari Amerika Serikat yang menggunakan bahan bakar bensin.
Secara keseluruhan ada tiga tim mahasiswa yang mewakili Indonesia dalam ajang ini, termasuk dari Universitas Indonesia dengan bahan bakar bensin dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya dengan diesel, namun hanya Bumi Siliwangi yang lolos ke putaran final.
Lebih dari 200 tim mahasiswa dari 29 negara ikut serta dalam lomba ini setelah menghabiskan waktu satu tahun terkahir untuk merancang, membangun dan menguji mobil hemat energi mereka.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 gandawesi.or.id. Designed by OddThemes