BREAKING NEWS

Prestasimu Sejarahmu!

"Kuliah tong ngaganggu ulin!" atau kuliah jangan mengganggu main! Adalah sebuah jargon tidak resmi yang disampaikan para senior saya ketika bergiat di sebuah perkumpulan pecinta alam. Jargon tersebut terngiang sampai sekarang. Tujuannya adalah bermain, atau ulin. Hanya sebuah permainan yang tidak lebih dan tidak kurang.

Kalau dilihat sekilas, bisa jadi tidak penting, tetapi kalau dimaknai secara mendalam maka kata bermain itu menjadi sangat bernilai dan bermakna. Pada saat bermain, kita belajar banyak hal. Pembelajaran menarik terjadi justru pada saat bermain. Tidak bisa dipisah-pisahkan antara bermain dan belajar.

Burhanudin Aji, Teh Neneng, Silmy, dan Osiani
Minggu kemarin saya mendapat kabar tentang anak-anak Gandawesi KPALH yang meraih prestasi juara nasional, Kampala Orienteering National Competition 2013. Sebuah kompetisi permainan peta kompas yang diselenggarakan oleh salah satu perhimpunan pecinta alam. Prestasi yang perlu diapresiasi bersama sebagai kemenangan yang membanggakan. Bukan karena juaranya tetapi karena tekadnya untuk mengikuti. Kalau kata aktor Joe Taslim, "Pada akhirnya menang atau kalah itu bukan sebuah tujuan ketika kita sudah mengerahkan yang terbaik dalam sebuah pertandingan".
Bersyukurlah saat menang, sekalipun kalah, kita sudah berusaha semaksimal mungkin.

Nah, tentu saja kemenangan itu membanggakan semua. Bagi saya, kemenanganmu adalah sejarah. Saat kita berhasil menorehkan sesuatu, saat itulah kita menyimpan nama dalam sebuah sejarah. Jangan cepat puas tentu saja, masih banyak hal yang perlu dilakukan untuk membuat sejarah atas namamu. (idn)

Selamat untuk Burhanudin Aji dan Silmy! Bravo Gandawesi!
Sebuah catatan apresiasi untuk Aji dan Silmi

Share this:

6 komentar :

 
Copyright © 2014 gandawesi.or.id. Designed by OddThemes