BREAKING NEWS

Gandawesi di Grasberg 4.285 Mdpl

Gandawesi di Grasberg 4.285 Mdpl  (dok. Gandawesi)
November 2015 tim www.gandawesi.or.id berkesempatan mengunjungi kawasan pertambangan PT Freeport Indonesia. Grasberg menjadi tempat terjauh yang saya kunjungi bersama Gandawesi setelah sebelumnya membawa ke Thailand, Kamboja, dan Vietnam dalam misi pendidikan.

Misi kali ini adalah lingkungan. Mendapat undangan dari PT Freeport Indonesia untuk meninjau langsung proses rehabilitasi lahan bekas tambang menjadi kehormatan tersendiri buat saya. Terlebih, Gandawesi sebagai pecinta alam dan lingkungan hidup memandang penting sebuah kontribusi apapun dalam kepedulian kepada lingkungan.

Grasberg berada di atas ketinggian lebih dari 4.000 Mdpl. Grasberg merupakan ikon tambang dunia yang terkenal. Tepat di bagian atas lokasi penambangan Grasberg terdapat sebuah lahan luas yang diperuntukan sebagai tempat budidaya tanaman endemik Papua yang nantinya akan ditanam di lokasi bekas urugan batuan sisa tambang. Lokasinya bernama Nursery Manado Grasberg. Dengan ketinggian lebih dari 3.800 Mdpl, beberapa tanaman khas yang hidup di daerah sub alpine dipelihara setiap hari. Dengan pengawasan yang ketat serta sistematis, beberapa tanaman jenis rumput-rumputan sudah menyebar tumbuh dengan baik di ketinggian Grasberg. Grasberg yang berarti gunung rumput begitu menawan karena kontrasnya warna gunung dinding karst dengan hijaunya daun rumput.Vegetasi tumbuhan yang dikembangkan di areal pembibitan tersebut antara lain: Deschamsia Klosii, Deschamsia Caespitosa, Rhododendiron spp, dan lain-lain. Tiga bagian yang saya sebut adalah jenis yang ditanam paling banyak. Untuk mereka yang sering naik gunung, beberapa jenis paku-pakuan, serta tanaman yang hanya tumbuh di puncak gunung pasti sudah tak asing lagi saat melihat langsung.

Banyak hal yang harus disiapkan diantaranya:
Dokumen diri Karena gak semua orang bisa masuk area pertambangan.
Kesehatan. Cek kesehatan akan dilakukan di rumah sakit di Tembagapura

Pemeriksaan kesehatan sebelum menggapai ketinggian 4.000 Mdpl (dok. Gandawesi)
Sungguh sebuah kebanggaan tersendiri saat berada di ketinggian sambil melihat luas dan indahnya tanah Papua
Masih 4.000 Mdpl, sebentar lagi 4.285 Mdpl (dok. Gandawesi)
Grasberg 4.285 Mdpl (dok. Gandawesi)

Pasti akan ada yang bisa membawa lebih tinggi, menyimpannya dalam kenangan untuk kemudian diceritakan dan menjadi kebanggan tersendiri buat siapa saja yang sudah bergerak.
Gandawesi sebagai kelompok pecinta alam dan lingkungan hidup, harus mampu mewadahi setiap minat dan bakat para mahasiswa Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan di Universitas Pendidikan Indonesia menjadi generasi-generasi yang mampu mewujudkan setiap mimpinya.
Bravo Gandawesi!


Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 gandawesi.or.id. Designed by OddThemes