BREAKING NEWS

Sekali Lagi, Zero Waste Adventure!


Kegiatan zero waste adventure Gandawesi ketika menyusuri pantai selatan Garut (dok. Gandawesi)

Zero Waste Adventure (dok. Gandawesi)
 Apa itu Zero Waste Adventure atau nir limbah saat melakukan penjelajahan adalah salah satu alternatif dalam memecahkan permasalahan sampah yang ada di pegunungan karena oknum pendaki yang tidak bertanggungjawab. Dilakukan dengan pola pendekatan pengurangan sampah pada sumber dipegunungan. Peran aktif pendaki gunung dalam mengurangi dan mengolah sampahnya sendiri secara dini merupakan keutamaan untuk mencapai kondisi gunung yang bebas sampah, yang bersih dan sehat. Dilakukan juga dengan membawa peralatan yang bisa digunakan berulangkali seperti botol air minum, bekal makanan, dan lain-lain.
Apa Manfaat Zero Waste Adventure?
-1- Mengurangi beban potensi pencemaran air, tanah dan udara.
-2- Mengurangi timbunan sampah, menghemat kebutuhan lahan,sarana dan prasarana yang
berarti dapat menekan biaya pengelolaan lingkungan yang baik di hutan atau dimanapun.
-4- Menjaga keseimbangan ekosistem dan meningkatkan daya guna lahan.
-5- Meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan.

MENGAPA HARUS MENGURANGI SAMPAH DI PEGUNUNGAN ?
Bertambahnya pendaki gunung setiap tahun dan pola hidup para pendaki yang sekali pakai buang telah memberikan dampak pada peningkatan volume sampah di gunung-gunung bahkan sampai puncak. Daya dukung lingkungan di pegunungan lama-lama dalam kenyataannya tidak lagi sanggup memikul beban yang ditimbulkan oleh pencemaran sampah, sehingga bila dibiarkan dan tidak segera terolah dengan baik akan berdampak negatif terhadap kualitas lingkungan.
Dengan demikian, solusi/cara terbaik untuk memecahkan masalah persampahan adalah "Dengan membangun budaya pendaki gunung yang peduli sampah dan melakukan kegiatan nyata mengurangi, memanfaatkan kembali dan mendaur ulang (reduce, reuse,&recycle) melalui penerapan program Zero Waste Adventure".
Dalam pelaksanaannya, setiap perjalanan yang dilakukan oleh anggota Gandawesi, zero waste adventure sudah diterapkan sejak pendidikan dasar. Hal ini penting karena untuk menanamkan sikap yang baik saat menjelajah dengan selalu ingat prinsip dasar zero waste.


Penanaman sikap zero waste adventure dilakukan sejak pendidikan dasar Gandawesi (dok. Gandawesi)

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 gandawesi.or.id. Designed by OddThemes