BREAKING NEWS

Susur Gua Bersama Gandawesi

Kegiatan penelusuran gua (dok pribadi)

Menyusuri gua adalah hal yang sangat mengasyikan, demikian kata Rivan, salah seorang anggota Gandawesi yang sudah malang melintang dalam kegiatan penelusuran gua. Rivan yang mengikuti berbagai pelatihan penelusuran gua di Yogyakarta bersama ASC. Demikian juga dengan Sidiq Darmawan, ia begitu menyukai kegiatan penelusuran gua ini. Rivan dan Sidiq sudah beberapa kali mendampingi anggota muda Gandawesi dalam melakukan penelusuran gua.
Nah, ingin tahu tentang penelusuran gua? Ini cerita singkatnya.

Susur gua atau jelajah gua (Inggris caving) adalah olah raga rekreasi menjelajahi gua. Tantangan dari olah raga ini tergantung dari gua yang dikunjungi, tapi seringkali termasuk negosiasi lubang, kelebaran, dan air. Pemanjatan atau perangkakan sering dilakukan dan tali juga diguanakan di banyak tempat.

Caving kadangkala dilakukan hanya untuk kenikmatan melakukan aktivitas tersebut atau untuk latihan fisik, tetap awal penjelajahan, atau ilmu fisik dan biologi juga memegang peranan penting. Sistem gua yang belum dijelajahi terdiri dari beberapa daerah di bumi dan banyak usaha dilakukan untuk mencari dan menjelajahi mereka. Di wilayah yang telah dijelajahi (seperti banyak negara dunia pertama), kebanyakan gua telah dijelajahi, dan menemukan gua baru seringkali memerlukan penggalian gua atau penyelaman gua.

Gua telah dijelajahi karena kebutuhan manusia untuk beberapa ribu tahun, namun hanya dalam beberapa abad terakhir aktivitas ini menjadi sebuah olah raga. Dalam dekade terakhir caving telah berubah karena adanya peralatan dan baju perlindungan modern.

Banyak keahlian dalam caving dapat digunakan di olah raga lain seperti penjelajahan tambang dan penjelajah perkotaan.

Jika anda berminat untuk berlatih seputar keterampilan dasar menelusuri gua, tidak salah jika datang ke sekretariat Gandawesi. Biasanya rutin melakukan kegiatan ringan seputar latihan untuk menelusuri gua.

Sidiq Darmawan (dok pribadi)
Melihat keagungan Tuhan jauh di bawah tanah (dok. pribadi)



Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 gandawesi.or.id. Designed by OddThemes