BREAKING NEWS

Dela Andela: Saya Harus Bisa Melawan Rasa Takut

“Menaklukkan rasa takut adalah awal dari kebijaksanaan.”– Bertrand Russell

Latihan Bersama (Latber) Caving yang diselenggarakan oleh FK-KBPA- Bandung Raya (Forum Komunikasi Keluarga Besar Pecinta Alam Bandung Raya) telah selesai dilaksanakan. Kegiatan yang dilaksanakan sebagai ajang berlatih bersama, membangun persaudaraan, dan kekeluargaan antar Perhimpunan Pecinta Alam ini memberikan kesan positif bagi Dela Andela. Dela adalah seorang anggota Gandawesi yang mengikuti kegiatan ini sampai tuntas. 

Materi kegiatan ini mampu diserap oleh Dela dengan baik. Setidaknya pengalaman dan makna kegiatan mampu ditangkap dengan baik seperti yang ditutukannya dalam wawancara dengan pihak redaksi gandawesi.or.id di bawah ini.

Bagaimana kesan dan pesan Dela setelah mengikuti kegiatan caving? Apa saja keasyikan-keasyikan yang didapatkan selama bergiat?

Kalau menurut pribadi Dela, sebelumnya memang saya belum pernah caving, dan sebenarnya juga saya paling tidak suka sama yang namanya kegelapan, apalagi climbing. Di caving itu sangat lengkap sekali selain caving kita harus bisa teknik turun dan naik seperti SRT (single rope technic) yang lebih dikenalnya. Harus bisa membuat simpul, menggunakan alat dll. Ada yang lebih penting dan sebenarnya menarik dari semua itu yang harus kita pelajari adalah bagaimana kita bisa melawan rasa takut diri sendiri, percaya diri dengan kemampuan kita. Contohnya kemarin saya sempat ada trouble di gua ketika melewati lubang gua yang sangat kecil saya kesulitan untuk melewatinya karena lubang tersebut agak tinggi, licin dan sedikit pijakan di sekitarnya, tapi alhamdulillah saya bisa melewati dibantu dengan kerja sama tim di sana.

Dela Andela (dok.pribadi)
Nah, kalau keasikannya, saya senang bisa mengetahui apa yang sebelumnya tidak saya ketahui, kalau di dalam perut bumi itu ada ciptaan Allah SWT yang sangat indah, dan di acara latber caving ini saya mendapatkan keluarga baru dari berbagai organisasi pecinta alam se-Bandung Raya. Saya senang ternyata saya bisa melawan rasa takut saya, dan berani melewatinya.

Makna kehidupan apa yang Dela dapatkan dari kegiatan tersebut?

Makna kehidupan yang didapat itu bahwa saya harus bisa melawan rasa takut, percaya pasti bisa jangan menyerah analoginya sama kaya sekarang, lagi mengerjakan skripsi yang sedang saya jalani hahaha

Jika ada kegiatan latihan bersama yang diadakan oleh FKKBPABR kira-kira apa latihan apa yang ingin Dela ikuti?

Kegiatan latber yang saya inginkan untuk kedepannya mau ada latber  rafting atau diving, selain saya suka dengan kegiatan yang pada dasarnya air dan alasan lainnya di Gandawesi untuk dua bidang THAB tersebut belum saya dapatkan lebih banyak

FKKBPA Bandung Raya (dok.Dela Andela)

Sampai hari ini, apa suka dan dukanya bergiat di organisasi pecinta alam?

Kalau suka duka, saya pilih banyak sukanya. Sukanya itu memang yang pertama adalah rasa kekeluargaannya bukan hanya di organisasi sendiri yang saya rasakan ketika kemarin berkumpul dengan banyak organisasi pecinta alam lain juga kekeluargaannya dapat saya rasakan. Sukanya yang lain adalah kegiatan-kegiatan di alam terbukanya. Terus terang saya orangnya suka bermain dan di organisasi PA keinginan saya tersalurkan. Kalau dukanya berorganisasi itu kebanyakan rapat. Kebanyakan berargumen banyak berkonsep, berencana tapi untuk action-nya sangat kurang.

Apa harapan Dela untuk mahasiswa baru calon pecinta alam?

Untuk calon-calon pecinta alam adalah bisa menjaga kelestarian alam yang memang itu adalah tugas kita sebagai PA. Melalui kegiatan-kegiatan yang bisa memberikan pengaruh besar melihat banyaknya isu-isu sekarang seperti kerusakan bentang alam karst, kebakaran hutan, sampah dll.



Dela Andela di kedalaman gua (dok. Dela Andela)
Tertarik bergabung seperti Dela Andela! Hubungi sekretariat Gandawesi di FPTK Universitas Pendidikan Indonesia

Share this:

4 komentar :

  1. Makasih untuk artikel nya ... Bagus
    Salam buat semua di Gandawesi.
    Caca Casz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kang Caca, salam hormat dari kami untuk akang dan semua keluarga besar pecinta alam Bandung Raya

      Hapus
  2. Berlatihlah selalu.
    Bravo Gandawesi!

    salam untuk tim redaksi.

    BalasHapus

 
Copyright © 2014 gandawesi.or.id. Designed by OddThemes