BREAKING NEWS

Catatan Desy Saat Aplikasi Rock Climbing di Tebing Citatah

Catatan Desy Saat Aplikasi Rock Climbing di Tebing Citatah


Alhamdulillah kita udah selesai MABIM Aplikasi Pilihan Rock Climbing dengan tema 'We Play We Fun'. Tim RC itu ada Desy,  Hamdan,  Bagus, dan Azhar, sayangnya yang ikut aplikasi cuma Desy dan Hamdan. 


Kami melakukan latihan dan aplikasi di Tebing Citatah 125,  Cipatat,  Padalarang. Oh ya,  sebelumnya kami melakukan latihan Single Rope Technique di pohon tinggi depan FPTK barengan sama Tim Caving dan latihan boulder di Pamor FPOK. 


Kita latihan tanggal 7-8 Oktober 2017, sebelum hari-H latihan kita ngider sana sini buat cari alat RC ke Organisasi Pecinta Alam (OPA) khusunya alat pengaman yang susahnya sangat amat, tapi karena kerja keras kita dapat alat tersebut meskipun gak lengkap hihi. Satu minggu setelah latihan tibalah waktunya aplikasi yaitu tanggal 14-15 Oktober 2017, seperti biasa sebelum hari-H kami kesana kemari mencari alat.  




Kegiatan ini dalam rangka Program Pengambilan Nomor Induk Anggota (PPNIA) MABIM Aplikasi Pilihan Anggota Muda Astha Bayu. 



Kita saat aplikasi Rock Climbing menggunakan Teknik Artificial atau menambah ketinggian dengan menggunakan pengaman dengan minimal anggota yaitu tiga orang, leader-center-sweeper. Karna kita cuma dua orang, jadi Hamdan sebagai Leader dan Desy sebagai Center plus Sweeper. 




Sekitar Pukul 09.00 Leader mulai memajat memasang pengaman dan Desy menjadi belayer. Selama kurang lebih 3 jam akhirnya hamdan mencapai Top yaitu Gua, lalu sekitar pukul 12.00 Desy mulai memanjat sambil mengambil pengaman, tapi sayangnya ada dua pengaman yang sulit Desy ambil karena membutuhkan chocker atau palu tebing. 


Setelah Desy Sampai atas langsung membuat pengaman lalu berdiskusi bersama Istruktur bagaimana caranya turun dengan tali hanya 50meter. Akhirnya kita memutuskan membuat teras ditengah dengan leader terlebih dahulu turun dengan cara Climb Down lalu Desypun seperti itu. 




Setelah sampai teras Desy turun duluan, lalu dilanjut Hamdan turun sambil membersihkan alat yang masih terpasang di tebing. Akhirnya sekitar pukul 15.00 kami selesai melaksanakan teknik Artificial.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 gandawesi.or.id. Designed by OddThemes